Rabu , Juni 23 2021
iPadOS 15
Penjelasan lengkap iPadOS 15. FOTO - ISTIMEWA

Ini Sejumlah Pembaharuan iPadOS 15, Cek Lengkapnya

Indoposonline.NET – Apple menghadirkan pembaharuan operasi iPadOS 15. Tidak sedikit fitur baru mewarnai iPadOS 15. Sejumlah fitur baru itu, menunjang produktivitas pengguna.

Misalnya, update fitur multitasking dan keyboard shortcuts, menghadirkan update fitur multitasking ada menu baru memudahkan pengguna masuk tampilan Split View atau Slide Over hanya dengan satu kali klik. 

Baca Juga: Jenuh Beli, IHSG Betah Menjelajahi Zona Merah

Pengguna juga punya quick access ke Home Screen saat berada dalam mode Split View. Kemudian tampilan lebih baik untuk aplikasi dengan multiple windows, seperti Safari dan Pages. Sementara keyboard shortcuts, pengguna bisa menggunakan untuk berpindah dari Split View ke Slide Over. Ada tampilan menu bar dalam iPadOS 15.

iPad Widgets dan App Library. Homescreen iPadOS 15 hadir dengan tampilan lebih segar berkat Widgets dan App Library. Pengguna dapat memasukkan informasi lebih banyak dalam Widgets. Tampilan disesuaikan ukuran layar iPad. App Library, memudahkan pengguna mengatur aplikasi sesuai kategori.

Baca Juga: iOS 15 Hadir September, Ini Deretan Fitur Menariknya

Update Fitur Notes, mendapat beberapa pembaruan dapat menunjang produktivitas pengguna. Pertama, mention. Pengguna dapat membuat catatan dan me-mention pengguna lain di Shared Notes. Kemudian ada kolom Activity memudahkan pengguna mengetahui jika ada catatan berubah atau tidak di Shared Notes. 

Apple juga menambahkan tag dalam notes memudahkan pengguna mengatur catatan. Apple menghadirkan fitur baru bernama Quick Note dalam Notes. Fitur itu, memudahkan pengguna mencatat hal-hal penting dan juga membantu produktivitas. Quick Notes dapat diakses dengan cara melakukan swipe up dari pojok kanan bawah layar ke atas.

Baca Juga: Waw Mantap, iPhone SE Generasi Pertama Masih Mencicipi iOS 15

Quick Notes juga adaptive terhadap aplikasi tengah dibuka. Misalnya, pengguna membuka Safari dan Quick Notes. Lalu, pada Quick Notes pengguna menuliskan kata Makanan. Maka, Quick Notes otomatis merekomendasikan situs-situs tentang kata tersebut. Quick Notes juga akan mencatat hal-hal penting dan berkaitan kata tersebut.

Aplikasi Translate membawa fitur dengan beberapa pembaruan. Pengguna bisa berlatih menulis huruf dari bahasa lain di translate dengan Apple Pencil. Ada fitur auto translate bisa menerjemahkan ucapan pengguna ketika sedang berbicara. Pengguna bisa menerjemahkan teks dari berbagai aplikasi lain secara langsung, termasuk dari teks dalam foto. Caranya, blok teks yang ingin diterjemahkan dan pilih opsi translate yang muncul.

Baca Juga: Gendong Storage 1TB, iPhone 13 Series Dipersenjatai LiDAR Scanner

Mengembangkan Aplikasi di iPad Lewat Swift Playground. Swift Playground merupakan aplikasi untuk mengembangkan dan membuat sebuah aplikasi. Aplikasi itu, sebetulnya sudah ada di iPad sejak kali pertama diperkenalkan. Kini Apple membawa pembaruan dengan memungkinkan pengguna langsung membuat aplikasi di iPad lewat Swift Playground.

Bagi pengguna baru, ada guide khusus untuk menggunakan Swift Playground dan mengembangkan aplikasi. Aplikasi sudah selesai dibuat bisa langsung di-submit ke App Store.

Baca Juga: Suksesor Big Sur, Cek Sejumlah Keunggulan macOS Monterey

Daftar Fitur Baru iPadOS 15 Lain. SharePlay FaceTime memungkinkan pengguna menonton film atau mendengar lagu bersama-sama secara virtual. Tampilan baru Safari dengan Tab Groups lebih mudah untuk menyimpan dan mengatur tabs. Focus yang memungkinkan pengguna menyaring notifikasi dan aplikasi yang diprioritaskan.

On-Device Intelligence memungkinkan pengguna berinteraksi dengan foto, seperti menyalin teks di dalamnya atau mengidentifikasi detail lain. Universal Control yang memungkinkan iPad terhubung dengan komputer Mac secara langsung. Shared with You memudahkan pengguna untuk mencari konten yang telah dibagikan lewat iMessage. iCloud+ sebuah layanan berlangganan premium yang terhubung ke iCloud storage dengan fitur Hide My Email, HomeKit Secure Video, iCloud Private, dan lainnya.

Baca Juga: Wow, Laba Bersih Pinago Utama Meroket 193,5 Persen

Apple telah memastikan daftar 19 model iPad akan mendapat update iPadOS 15. Salah satunya perangkat iPad model lawas yaitu iPad Air 2. Perangkat iPad Air 2 kali pertama meluncur pada Oktober 2014. Perangkat itu, hadir dengan layar 9,7 inci dan varian storage 128GB. Performanya ditopang chipset A8X dengan GPU Powervr GXA6850.

Nah selain iPad Air 2, masih ada model lain juga mendapat update iPadOS 15. Berikut daftar lengkapnya: iPad Air 2, iPad Air (Generasi 3), iPad Air (Generasi 4), iPad mini 4, iPad mini (Generasi 5), iPad (Generasi 5), iPad (Generasi 6), iPad (Generasi 7), iPad (Generasi 8), iPad Pro 9,7 inci, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 12,9 inci (Generasi 1), iPad Pro 12,9 inci (Generasi 2), iPad Pro 11 inci (Generasi 1), iPad Pro 12,9 inci Generasi 3), iPad Pro 11 inci (Generasi 2), iPad Pro 12,9 inci (Generasi 4), iPad Pro 11 inci (Generasi 3), dan iPad Pro 12,9 inci (Generasi 5). (abg)

 

About redaksi indopos

Baca Juga

Tiga Penghargaan Warnai Liputan 6 Awards

Indoposonline.net – Liputan 6 Awards kembali ditabuh. Kali ini, “Berbagi Asa untuk Indonesia” menjadi tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *